Minggu, 07 September 2008

Hanoman: 'YANG PALING BERARTI', Ringan dan Gampang Dicerna

Sebenarnya tak ada hubungan antara nama band ini dengan konsep musik mereka. Nama Hanoman dipilih karena dianggap mewakili kesan 'Indonesia'. Dari situ grup ini memegang filosofi bahwa semua tak bisa dilihat dari kulitnya saja.

Ada 11 lagu dalam album pertama Hanoman yang berjudul YANG PALING BERARTI ini. Sekilas mendengar 11 track yang ada, kesan yang tertangkap adalah easy listening. Jalur musik yang dipilih adalah pop dengan sedikit sentuhan 'nafas' rock yang coba dimasukkan lewat suara distorsi gitar.

Hampir semua lagu yang ada dalam album ini terdengar catchy di telinga. Membuat lagu yang catchy bisa jadi mudah namun bisa jadi tak gampang. Tak semua penulis mampu membuat lagu yang gampang dicerna kuping. Dan salah satu band baru yang punya kemampuan mengolah nada yang mudah dicerna adalah Hanoman ini.

Dilihat dari konsep musik, sebenarnya tak ada yang fenomenal dari band ini. Bisa dibilang konsep musik yang ditawarkan tak jauh beda dengan band-band lain yang juga mengusung genre serupa. Trik ini bisa jadi menguntungkan Hanoman lantaran tak menanggung resiko tak diterima pasar. Di saat yang sama ini juga bisa jadi bumerang bagi Hanoman karena ia jadi tak bisa dibedakan dari band-band yang lain.

Kualitas musikal para personilnya pun cukup bagus. Permainan Nico (gitar), Eki (bass), dan Ozie (drum) cukup variatif dari satu lagu ke lagu yang lain. Sayangnya Ari sang vokalis beberapa kali tak mampu menggapai nada tinggi dengan mulus. Dan celakanya lagi banyak lagu dalam album ini punya jangkauan nada yang cukup luas. Seandainya Ari tak memaksakan untuk bermain di nada tinggi, bisa jadi album ini akan tampil lebih bagus lagi. Tapi secara keseluruhan, aransemen lagu-lagu dalam album ini sudah lebih dari sekedar mencukupi.

0 komentar: